Sabtu, 30 Juni 2012

Penerimaan Diri :)


Definisi Penerimaan Diri
Penerimaan diri berkaitan dengan konsep diri yang positif. Seseorang dengan konsep diri yang positif dapat memahami dan menerima fakta-fakta yang begitu berbeda dengan dirinya. Orang dapat menyesuaikan diri dengan seluruh pengalaman mentalnya sehingga evaluasi tentang dirinya juga positif. (Calhoun dan Acocella,dalam Handayani dkk, 1998)
Maslow (dalam Hjelle,dkk, 1992) menjelaskan menempatkan penerimaan akan diri, penerimaan akan orang lain dan alam pada urutan ke dua dalam daftar karakteristik orang yang dirinya teraktualisasi, atau disebut self actualizing person. Individu yang sehat akan menunjukkan rasa hormat akan dirinya dan orang lain, menerima orang lain dengan keterbatasan dan kelemahan, kerapuhannya individu ini terbebas dengan perasaan bersalah,malu dan rendah diri dan juga akan kecemasan mengenai penilaian orang lain terhadap dirinya.
Allport (dalam Hjelle,dkk, 1992), penerimaan diri adalah toleransi individu atas peristiwa-peristiwa yang membuat frustasi atau menyakitkan sejalan dengan menyadari kekuatan-kekuatan pribadinya.
Penerimaan diri adalah sejauh mana seseorang dapat menyadari karakteristik pribadi dan menggunakannya dalam menjalani kelangsungan hidupnya. Sikap penerimaan diri ditunjukkan oleh pengakuan seseorang terhadap kelebihan-kelebihan dan menerima kelemahan-kelemahannya tanpa menyalahkan orang lain dan mempunyai keinginan yang terus menerus untuk mengembangkan diri.(Helmi, dkk, 1998)
Faktor- faktor yang berperan penting dalam penerimaan diri
Hurlock (1974) menjelaskan tentang faktor-faktor yang berperan dalam penerimaan diri positif yaitu sebagai berikut ;
a.       Adanya pemahaman tentang diri sendiri
b.      Adanya harapan yang realistik
c.       Tidak adanya hambatan di dalam lingkungan
d.      Sikap-sikap anggota masyarakat yang menyenangkan
e.      Tidak adanya gangguan emosional yang berat
f.        Pengaruh keberhasilan yang dialami baik secara kualitatif maupun kuantitatif
g.       Identifikasi dengan orang lain yang memiliki penyesuaian diri yang baik
h.      Adanya perspektif diri yang luas
i.         Pola asuh dimasa kecil yang baik
j.        Konsep diri yang stabil

Karakteristik Penerimaan Diri
Menurut Jersild (1978) memberikan perbedaan karakteristik individu yang menerima keadaan dirinya atau yang telah mengembangkan sikap penerimaan terhadap keadaan dirinya, dengan memiki harapan yang realistis terhadap keadaannya dan menghargai standar-standar dan pengakuan terhadap dirinya tanpa terpaku pada pendapat orang lain dan memiliki perhitungan akan keterbatasan dirinya dan tidak melihat dirinya sendiri secara irasional.
Hjelle (1992) mengemukakan bahwa seseorang yang memiliki penerimaan diri mempunyai karakteristik bahwa individu tersebut memiliki gambaran positif terhadap dirinya dan dapat bertahan dalam kegagalan atau kepedihan serta dapat mengatasi keadaan emosionalnya seperti depresi, marah atau rasa bersalah.
Dampak-dampak dari Penerimaan diri
Hurlock (1974) membagi dampak dari penerimaan diri dalam 2 kategori, yaitu :
a.       Dalam penyesuaian diri
Salah satu kararakteristik dari orang yang memiliki penyesuaian diriyang baik adalah lebih mengenali kelebihan dan kekurangannya, biasanya memiliki keyakinan diri (self confidence) dan harga diri (self esteem). Selain itu juga lebih dapat menerima kritik, dibandingkan dengan orang yang kurang dapat menerima dirinya. Dengan demikian orang yang memiliki penerimaan diri dapat mengevaluasi dirinya secara realistik.
b.      Dalam penyesuaian sosial
Orang yang memiliki penerimaan diri akan merasa aman untuk memberikan perhatian pada orang lain, seperti menunjukkan rasa empati. Dengan demikian orang yang memiliki penerimaan diri dapat mengadakan penyesuaian sosial yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang merasa rendah diri atau tidak adekuat sehingga mereka itu cenderung untuk bersikap berorientasi pada dirinya sendiri (self oriented)

Daftar Pustaka

Handayani, Muryadinah Mulyo, Sofia Ratnawati,Avin Fadila Helmi.1998. Efektivitas Pelatihan Pengenalan Diri dan Harga Diri.Jurnal Psikologi no.2 :47-55. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
Helmi, A.F, Handayani M.M, Ratnawati .S.1998. Efektivitas Pelatihan Pengenalan Diri Terhadap Peningkatan Penerimaan Diri dan Harga Diri. Jurnal Psikologi 2 : 47-48
Hjelle, L.A & Ziegler D.J. 1992. Personality theoris (3rd Edition). Singapore: Mc GrawHill Publishing Company
Hurlock,E.B.(1993).Psikologi Perkembangan : Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan.Edisi kelima.Jakarta : Bina Aksara
Jersild, A.T.(1978). The psychology of adolesence. New York : MacMillan Company


Tidak ada komentar:

Posting Komentar