Sabtu, 30 Juni 2012

Sejarah Psikologi Abnormal


§  Zaman Demonologi awal. Adanya orang yang kerasukan. Penyihir dianggap abnormal pada jaman dahulu. Orang yang dianggap abnormal dikucilkan, adanya eksorsisme (upacara pengusiran setan) dengan cara melubangi kepalanya. Trephination yaitu jalan keluarnya roh marah. Zaman ini disebut Demonologi, dikaitkan dengan supranatural.
§  Pada abad ke 5 SM, Hipocrates dikenal sebagai bapak ilmu kedokteran modern. Dia menyatakan penyakit bukan disebabkan oleh supranatural tetapi karena penyakit alami. Hippocrates berpendapat bahwa otak adalah organ kesadaran kehidupan intelektual dan emosi dan juga perilaku yang menyimpang merupakan indikasi terjadinya suatu patologi otak.
§  Selama abad ke 13 dan beberapa abad setelahnya masyarakat yang menderita kekacauan sosial dan kelaparan serta menderita beberapa wabah penyakit akhirnya kembali ke Demonologi untuk mencari penjelasan bencana tersebut. Masyarakat Eropa kembali terobsesi dengan setan, ilmu sihir dan sebagainya.
§  Pada abad ke 14 terdapat rumah sakit Holy Trinity di Salisbury, Inggris, yang tujuannya yaitu mengamankan orang yang tidak waras sampai mereka memperoleh nalarnya kembali.
§  Benjamin Rush (1769) dikenal sebagai bapak Psikiatri Amerika, dia yakin bahwa gangguan mental disebabkan oleh kelebihan darah di otak. Rush menggunakan hipotesis lainnya bahwa orang gila dapat disembuhkan dengan menakuti mereka dan penanganan medis seringkali kasar dan menyakitkan
§  Pada zaman dahulu Rumah sakit jiwa disebut Assylum. Phillipinel dari Perancis dianggap sebagai figur utama dalam gerakan bagi penanganan manusiawi terhadap orang sakit mental di rumah sakit jiwa, dia adalah seorang dokter dari Rumah sakit La Bicetre.
§  Emil Kraepelin (1883) menetapkan sebab-sebab biologis berbagai penyakit jiwa. Ia membedakan gangguan mental berdasarkan sejumlah simtom tertentu disebut syndrome. Dia beranggapan bahwa setiap penyakit jiwa berbeda dari yang lainnya, memiliki awal, simtom, perjalanan dan hasil sendiri. Kraepelin mengusulkan dua kelompok utama penyakit mental berat yaitu dimensia precox dan psikosis manik-depresif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar